Nyala di Batas Terluar Wiayah Indonesia "Lentera Indonesia"





Lentera Indonesia merupakan program documenter yang diangkat dari realitas kehidupan para relawan mudakisah-kisah pengalaman nyata para anak muda menjadi relawan pengajar muda, menjadi guru di berbagai daerah terpencil di Indonesia yang akses pendidikannya masih sangat minim. Lentera Harapan menyajikan bukan hanya semangat belajar anak-anak di berbagai pelosok negeri, tetapi juga mengekspose sisi lain etos pemuda perkotaan yang masih sangat peduli dengan pendidikan sesamananya, hal tersebut diperjelas dengan banyaknya anak muda yang menyempatakan dirinya menjadi relawan pengajar ditengah-tengah kesibukan mengejar karir.
Kebanyakan episode-episode Lentera Indonesia diambil dari komunitas relawan Indonesia Mengajar. Komunitas ini bergerak pada bidang pendidikan. Didirikan oleh Anies Baswedan, salah satu tokoh masyarakat yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Lentera Indonesia merupakan program yang mengangkar isu-isu pendidikan di Indonesia. tim program ini menyadari banyak sekali lembaga sosial yang memiliki semangat yang sama yakni semangat untuk berbagai kepada sesame.
Dilator belakangi untuk menayangkan berita-berita positif ke seluruh penjuru negeri, NET TV berkomitmen untuk memproduksi sebuah program yang dapat berkontribusi pada Indonesia dengan menyebarkan optimism pada masyarakat bahwa masih banyak generasi muda yang peduli pada kondisi pendidikan di Indonesia dan meu mengabdi pada masyarakat. Bukan hanya masyarakat perkotaan agar tercukupi akses pendidikannya, namun lebih pada masyarakan pelosok yang kurang tersentuh pendidikan yang layak. Melalui kacamata dari sang relawan, kisah dari daerah yang mereka singgahi untuk menebar kebaikan ini lah diangkat sebagai program Lentera Indonesia.
Acara ini ditujukan untuk segala kalangan, semua rentang usia, namun jika dikerucutkan lagi, tayangan ini sangat layak disegmentasikan bagi kalangan anak sampai remaja dewasa. Ditujukan untuk anak, karena dengan menyajikan perjuangan anak-anak lain di berbagai pelosok daerah dalam mendapatkan akses pendidikan, hal tersebut akan mempengaruhi pemikiran anak untuk merasa iba dengan sesamanya, kemudian anak akan merasa termotivasi untuk memanfaatkan kondisinya dan ikut berusaha pula dalam mencapai akses pendidikan. Singkatnya, dapat membuat anak lebih rajin belajar. Kemudian bagi kalangan remaja dewasa, karena relawan pengajar muda adalah rata-rata merupakan anak muda lulusan terbaik serta peduli dengan pendidikan, akan membuat penonton dari kalangan remaja dewasa ini ikut terpancing untuk ikut sadar dan peduli dengan edukasi di Indonesia. keseluruhan, acara ini dapat sangat memotivasi berbagai kalangan. Bukan hanya memperbaiki sector pendidikan di berbagai wilayah terpencil di Indonesia, Lentera Indonesia juga mengapresiasi para relawan yang berperan aktif di berbagai sector lainnya. Adalah ‘Ambulans Terapung, Berikan Fasilitas Kesehatan Gratis’, merrupakan salah satu episode Lentera Indonesia yang mengangkat kisah salah satu relawan yang bergerak di bidang kesehatan. Dengan melakukan penyuluhan kesehatan serta memberikan pelayanan kesehatan di Ambulu, daerah yang belum memiki akses medis yang memadahi. Lentera Harapan selain sebagai tontonan keluarga, juga ditujukan untuk membuka mata para pemangku kebijakan di pemerintahan untuk lebih memperhatikan daerah-daerah yang belum terjangkau pendidikan dan kesehatan, serta aspek-aspek pendukung lainnya.
Lentera Harapan tayang setiap Minggu, 14.30 WIB.
Setiap seminggu sekali, pemirsa dapat menjumpai program tv inspiratif satu ini. Tepatnya pada minggu pukul 14.30 WIB. Dengan demikian, program ini juga mengingatkan berbagai pihak, bahwa Indonesia bukan hanya sekedar Jawa, Bali, dan Jakarta. Tapi lebih dari itu Jakarta terdiri dari  17.208 pulau yang tersebar dari Sabang Sampai Merauke. Dengan jangka waktu mingguan tersebut, kru/tim documenter dapat dengan leluasa mengolah dokkumentasi hingga menjadi sebaik mungkin saat ditayangkan pada masyarakat Indonesia.
Tayangan ini berkantor di NET. TV, The East Tower Jl. Lingkar Mega Kuningan Kav. E No. 1 Lantai 27-30, Kuningan TImur Jakarta Selatan. Namun untuk sumber tayangannya sendiri diambil dan didokumentasikan di berbagai daerah di Indonesia
Sudah dijelaskan di atas, bahwa tayangan ini merupakan tayangan yang memuat konten edukasi. Selain itu, tayangan ini penting karena dapat memotivasi penonton untuk mencapai pendidikan serta menjadi pendidik yang baik. Pada dasarnya tayangan ini merupakan tayangan documenter realitas, serta aktivitas dunia pendidikan di berbagai daerah terpencil di Indonesia. dengan menonton tayangan ini, juga dapat memicu kesadaran masyarakan dalam bidang akses dan pendidikan. Wujud program tv yang bertujuan untuk menginpirasi para generasi penerus sejarah, memberikan dedikasi untuk negeri.
Melalui program ini, NET ingin memberikan tayangan yang sesuai dengan visi NET, yakni menyuguhkan program yang kreatif, edukatif, dan menghibur yang dapat memberikan kontribusi positif dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
Acara ini merupakan tayangan documenter yang disiarkan satu minggu sekali. Dikemas secara apik disertai latar belakang suara yang bersumber langsung dari relawan pengajar muda, sehingga tayangan dapat diceritakan lebih nyata dan jelas. Dapat ditonton di seluruh Indonesia, selain itu, program ini juga telah dikembangkan di berbagai platform mulai dari Youtube channel, Android device, serta iPhone. Tayangan ini juga dapat diakses melalui Aurora TV – 275 SD, Big TV 232 SD, 233 HD, First Media – 16 SD, 371 HD, Orange TV – 911 SD, dan Cepat Net – 275 SD.
Prinsip yang diterapkan dalam program ini adalah documenter, dimana peristiwa yang disajikan merupakan realita sesuai kenyataan yang ada. program ini menunjukkan fakta mengenai kondidi pendidikan yang ada di daerah-daerah pelosok di Indonesia, beserta permasalahan sosial yang ada di wilayah tertentu.

Komentar

Postingan Populer